Sabtu, 24 September 2016

METODE UNTUK MENCARI INFORMASI



  •          Kuhlthau
Proses pencarian informasi menurut Kuhlthau (1993) dapat dibagi menjadi 6 tahap yaitu:
1.      Tahap Permulaan 
Tahap ini ditandai dengan kesadaran seseorang akan adanya kebutuhan informasi.
2.      Tahap Inisiasi
Pada tahap inisiasi ini seseorang masih ragu-ragu terhadap inti permasalahannya. Tahap ini muncul pada saat seseorang merasa pengetahuannya masih kurang dari yang dibutuhkannya. mencari informasi tentang topik atau topik yang menarik, bergulat dengan konsep dasar, dan mengidentifikasi isu-isu terkait
3.      Tahap Seleksi
Pada tahap ini seseorang akan melakukan pemilihan informasi secara selektif, dan pada tahap ini juga seseorang akan merasa siap untuk melakukan penelusuran
4.      Tahap Eksplorasi,
Tahap ini sering merupakan tahap yang paling sulit bagi pemakai dan perantara (intermediary) atau petugas lembaga informasi. Hal ini disebabkan karena ketidakmampuan pemakai untuk menyatakan dengan tepat mengenai informasi yang dibutuhkannya. Pada tahap ini kita mencari informasi tentang topik, bergulat dengan konsep dasar, dan mengidentifikasi isu-isu terkait
5.      Tahap Formulasi
Pada tahap ini perasaan tidak pasti mulai mengikis, kepercayaan diri mulai meningkat. Pola pikir mereka menjadi lebih jelas dan terpusat pada masalah yang ditekuninya
6.      Tahap Koleksi  dan Presentasi
Pada tahap ini interaksi antara pemakai dan sistem informasi menjadi lebih efektif dan efisien . Mereka akan mengumpulkan informasi yang terfokus pada masalah yang dihadapainya.Selanjutnya pada tahap presentasi suatu perasaan puas atau kecewa akan muncul .
  •      Big 6
    The Big6 seperti namanya, memiliki 6 buah langkah efektif yang bisa digunakan untuk
    menyelesaikan masalah, “step by step” .Langkah-langkahnya sebagai berikut :
  •      Ask Definition/Mendefinisikan masalah.      Pada tahap ini kita memulai dengan mendefinisikan permasalahannya dan mengidentifikasikan masalah secara menyeluruh
  •       Information Seeking Strategies/ Strategi pencarian informasi.     Pada tahap ini kita melakukan brainstorm terhadap semua sumber informasi pendukung yang mungkin untuk digunakan dan pada tahap ini kita juga memilih sumber-sumber yang terbaik
  •      Location and Access/ Lokasi dan akses     Pada tahap ini kita harus memiliki kemampuan untuk menggunakan indeks dan pada tahap ini juga kita mencari sumber-sumber informasi dan mencari informasi dalam sumber.
  •      Use of Information/Menggunakan informasi yang sudah tersedia.     Pada tahap ini kita menyeleksi informasi ynag sudah berada ditangan kita .Kita juga dituntut untuk menangani informasi yang tersimpan, dengan cara membaca, mendengarkan, mewawancarai, mengamati dan mengobservasi informasi tersebut dan pada tahap ini juga kita mencarikan informasi yang ada.
  •      Synthesis/Sintesa.     Pada tahap ini kita melakukan penggabungan berbagai informasi yang telah kita dapatkan dan masih tersebar secara konsep.
  • Evaluasi  Dalam tahapan ini, kita diharapkan dapat memberikan penilaian terhadap hasil dan proses yang sudah berhasil dilalui. Evaluasi ini ada dua yaitu evaluasi produk dan evaluasi proses
  •        Inquiry
Menurut Arends dalam  Learning to Teach, tujuan dan hasil belajar pembelajaran inkuiri ada empat, yakni untuk memperoleh pengetahuan, pengembangan keterampilan berpikir dan bernalar, metakognisi, sikap positif dan penghargaan untuk pengetahuan yang sementara diperoleh

Langkah Inquiry :

Menurut National Science Education Standards :
1.      Merangsang pertanyaan
2.      Mengeksplorasi ide
3.      Menganalisis dan menginterpretasi data
4.      Mempresentasikan pemahaman
5.      Mereview dan menilai pekerjaan bersama.

Menurut Alberta Learning Centre (2004)
1.      Perencanaan (planning)
2.      Pemerolehan informasi (retrieving)
3.      Memproses informasi (processing)
4.      Menciptakan informasi (creating)
5.      Mengkomunikasikan informasi (sharing), dan
6.      Mengevaluasi (evaluating)

SUMBER :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar