- Kuhlthau
Proses
pencarian informasi menurut Kuhlthau (1993) dapat dibagi menjadi 6 tahap yaitu:
1. Tahap
Permulaan
Tahap ini ditandai dengan kesadaran
seseorang akan adanya kebutuhan informasi.
2. Tahap
Inisiasi
Pada tahap inisiasi ini seseorang masih
ragu-ragu terhadap inti permasalahannya. Tahap ini muncul pada saat seseorang
merasa pengetahuannya masih kurang dari yang dibutuhkannya. mencari informasi
tentang topik atau topik yang menarik, bergulat dengan konsep dasar, dan
mengidentifikasi isu-isu terkait
3. Tahap
Seleksi
Pada tahap ini seseorang akan melakukan
pemilihan informasi secara selektif, dan pada tahap ini juga seseorang akan
merasa siap untuk melakukan penelusuran
4. Tahap
Eksplorasi,
Tahap ini sering merupakan tahap yang
paling sulit bagi pemakai dan perantara (intermediary) atau petugas lembaga
informasi. Hal ini disebabkan karena ketidakmampuan pemakai untuk menyatakan
dengan tepat mengenai informasi yang dibutuhkannya. Pada tahap ini kita mencari
informasi tentang topik, bergulat dengan konsep dasar, dan mengidentifikasi
isu-isu terkait
5. Tahap
Formulasi
Pada tahap ini perasaan tidak pasti
mulai mengikis, kepercayaan diri mulai meningkat. Pola pikir mereka menjadi
lebih jelas dan terpusat pada masalah yang ditekuninya
6. Tahap
Koleksi dan Presentasi
Pada tahap ini interaksi antara pemakai
dan sistem informasi menjadi lebih efektif dan efisien . Mereka akan
mengumpulkan informasi yang terfokus pada masalah yang dihadapainya.Selanjutnya
pada tahap presentasi suatu perasaan puas atau kecewa akan muncul .
- Big 6
The Big6 seperti namanya, memiliki 6 buah langkah efektif yang bisa digunakan untuk
menyelesaikan masalah, “step by step” .Langkah-langkahnya sebagai berikut :
- Ask Definition/Mendefinisikan masalah. Pada tahap ini kita memulai dengan mendefinisikan permasalahannya dan mengidentifikasikan masalah secara menyeluruh
- Information Seeking Strategies/ Strategi pencarian informasi. Pada tahap ini kita melakukan brainstorm terhadap semua sumber informasi pendukung yang mungkin untuk digunakan dan pada tahap ini kita juga memilih sumber-sumber yang terbaik
- Location and Access/ Lokasi dan akses Pada tahap ini kita harus memiliki kemampuan untuk menggunakan indeks dan pada tahap ini juga kita mencari sumber-sumber informasi dan mencari informasi dalam sumber.
- Use of Information/Menggunakan informasi yang sudah tersedia. Pada tahap ini kita menyeleksi informasi ynag sudah berada ditangan kita .Kita juga dituntut untuk menangani informasi yang tersimpan, dengan cara membaca, mendengarkan, mewawancarai, mengamati dan mengobservasi informasi tersebut dan pada tahap ini juga kita mencarikan informasi yang ada.
- Synthesis/Sintesa. Pada tahap ini kita melakukan penggabungan berbagai informasi yang telah kita dapatkan dan masih tersebar secara konsep.
- Evaluasi Dalam tahapan ini, kita diharapkan dapat memberikan penilaian terhadap hasil dan proses yang sudah berhasil dilalui. Evaluasi ini ada dua yaitu evaluasi produk dan evaluasi proses
- Inquiry
Menurut Arends dalam Learning to Teach,
tujuan dan hasil belajar pembelajaran inkuiri ada empat, yakni untuk memperoleh
pengetahuan, pengembangan keterampilan berpikir dan bernalar, metakognisi,
sikap positif dan penghargaan untuk pengetahuan yang sementara diperoleh
Langkah
Inquiry :
Menurut National Science Education Standards :
1. Merangsang pertanyaan
2. Mengeksplorasi ide
3. Menganalisis dan menginterpretasi data
4. Mempresentasikan pemahaman
5. Mereview dan menilai pekerjaan bersama.
Menurut Alberta Learning Centre
(2004)
1. Perencanaan (planning)
2. Pemerolehan informasi (retrieving)
3. Memproses informasi (processing)
4. Menciptakan informasi (creating)
5. Mengkomunikasikan informasi (sharing), dan
6. Mengevaluasi (evaluating)
SUMBER :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar